Kamis, 15 November 2018

Jadwal dan biaya penyebrangan padang bay-nusa penida

Dari judulnya meyakinkan banget untuk jadwal dan tarif penyebrangan Padang bay-Nusa penida, padahal jadwalnya benar-benar amburadul😂😂. O iya, untuk menuju Nusa penida juga bisa lewat Sanur ya dengan jadwal lebih fleksibel, namun cuma bisa bawa orang saja, kalau mau nyebrang skalian motornya lewat padang bay dengan kapal ro-ro. Dan yang aku tulis disini, benar-benar berdasarkan pengalaman pribadi.
Untuk jadwal dari Padang bay-Nusa penida disini jadwal benar-benar tidak jelas, tapi orang-orang yang menuju kesana mulai menunggu kapal sekitar pukul 10.00 pagi.
Kenapa jadwal kedatangan kapal ini begitu tidak jelas ?
Jadi begini, sebenarnya kapal dari Nusa penida tidak memiliki dermaga sendiri, jadi mereka menumpang dermaga kapal-kapal dari Lombok. Namanya numpang ya harus ngantri, sehingga untuk sandar mereka harus menunggu dermaga itu sedang tidak dipakai oleh kapal-kapal dari arah lombok atau mereka mendapat antrian yang nggak prioritas. Benar-benar membuat depresi kan?
Berdasarkan pengalamanku pada tanggal 7 november 2018, kapal yang kami naiki bersandar pukul 14.05 wita dan berangkat pukul 15.00 wita. Menurut informasi petugas, pada tanggal 6 november kapal berangkat pukul 14.00. Tuh kan benar-benar nggak jelas. Kita sampai di Nusa penida sekita 16.25 wita.
Untuk jadwal Nusa penida-Padang bay, informasi ini aku ambil di pelabuhan mentigi Nusa penida ya. Jadi untuk hari-hari tertentu mereka memiliki 2x jadwal penyebrangan dalam sehari.
Hari            
Senin              07.00
Selasa             07.00           Dan      11.00
Rabu               07.00
Kamis             07.00           Dan      11.00
Jumat              07.00        
Sabtu               07.00          Dan       11.00
Minggu           07.00

Sebenarnya untuk jam keberangkatan yang sekali saja, aku agak lupa jadwal nya jam berapa, namun ada baiknya pagi sudah bersiap di pelabuhan Mentigi, atau nyampek mentigi langsung cek jadwal aja yak😁.
Disamping jadwal tersebut masih ada pengumuman lain, isinya kurang lebihnya seperti ini:

Info tambahan, karena ada perbaikan di pelabuhan padang bay, jadwal ferry ro-ro sebagai berikut,
muat jam 08.00 berangkat 8.30 .

Berdasarkan pengalamanku, kita sampai di pelabuhan pukul 08.05, kita sudah memebli tiket. Namun kapal belum mulai memuat penumpang. Berdasarkan informasi petugas kapal akan mulai muat pukul 09.00, dan pada kenyataannya kapal mulai muat penumpang pukul 09.20 .
Cukup lama diatas kapal, namun kapal belum berangkat juga. Bahkan ada informasi karena antrian yang cukup panjang dari kapal-kapal dari pelabuhan Lembar Lombok, kapal dari Nusa penida akan sandar pukul 11.00 malam karena dapat antrian kesepuluh. Langsung kita shock, dan tidak tahu harus bagaimana😅. Kapal berangkat pukul 10.12 dari pelabuhan Mentigi, Nusa penida. Sangat lama kita terombang-ambing dilautan dan kapal akhirnya bersandar pukul 16.40 Wita.

Tarif penyebrangan Padang bay- Nusa penida
Motor  50.000
Dewasa 31.000
Anak-anak 27.500
 Kita berdua bayar Rp 111.000, ternyata balita kita belum harus bayar
Dengan usia 2,5 tahun.

Tarif penyebrangan Nusa penida- Padang bay

Rincian tarif lupa, tapi lebih murah daripada Padang bay-Nusa penida. Cuma pengalaman kita, kita bayar Rp 125.000, jadi lebih mahal karena balita kita harus bayar dari pelabuhan ini. Kalau tanpa bayi, mungkin kita hanya bayar Rp 100.000, berdasarkan orang lain yang bayar segitu.😅

Tidak ada komentar:

Posting Komentar