Sabtu, 02 Februari 2019

The first day

25 januari 2019
  Ceritanya hari pertama berangkat keluar negeri, tepatnya ke Malaysia yakni Kuala Lumpur. Penerbangan dimulai dari banyuwangi, berangkat pukul 08.20 dan sampai disana berdasarkan jadwal dari maskapai sekitar pukul 12.10. Dan untung pada kenyataannya, sebelum pukul 12.00 kita udah sampai di KLIA. Penerbangan lancar, hanya banyak gronjalan awan dijalan, bikin aku agak mual. O ya, walaupun citylink promo, kita dapet meal dipesawat. Dan kabar buruknya, menu nya spaghety. Benar-benar tidak sesuai lidahku. Ada air mineral dan buah 4 biji potong dadu. Hadeehhhhh
Aku cuma makan buah yang 4 biji potong dadu aja, takut muntah soal e dan segitu lumayan isa ganjel perut yang sebenarnya sudah meraung-raung kelaparan.
  Landing di KLIA, dan kebetulan di pesawat ketemu 2 orang cewek yahud, sebenarnya yang satu udah tante tapi masih cantik sangat dan kelihatan masih muda. Kita jalan bareng bertiga menuju imigrasi, dan lancar semuanya. Alhamdulillaaahhhh...
  Selanjutnya si tante bilang mau nungguin kita ampek pada dapet jemputan dan aku dapet bus, eh pada kenyataannya malah jemputan dia yang dateng duluan😂😂. Aku masih disitu juga nemenin si cewek yang sendirian ini nunggu jemputan, malah pada akhirnya dia bilangin aku nyari bus dan dia nunggu jemputan sendirian. Baiklaahhhhh...
  Aku mengikuti petunjuk kearah bus, ikutin aja gambar bus. Kenapa saya pilih bus ? Usut punya usut transportasi ini paling murah untuk keluar dari KLIA menuju KL sentral, cukup bayar RM 12. Muraaahhhh kan ? Perjalanannya cukup lama, mungkin sejaman gitu, tapi bus nya beneran nyaman. Aku aja yang nggak nyaman, takut muntah dan juga sebenarnya aku sedang kelaparan. Karna mulai kemarin siang nggak makan,
   Sampai di KL sentral, awal e agak bingung. Mau makan dulu atau langsung ke penginapan. Karena aku beneran nggak isa mikir, langsung buka google maps, rencana mau menuju ke hotel. Tapi yang namanya perut kosong, kepala pusing mengakibatkan nggak isa mikir dan kayak orang linglung. Jalan nganan salah d google maps, jalan ngiri masih salah pula. Akhirnya aku ngikutin orang naik tangga, malah beneran masuk ke stesen KL sentral, horaayyyy....
Dari atas masih muter-muter nggak jelas kayak anak hilang, dan akhirnya beli teh buat ganjal perut. Judulnya tealive, namanya masih awam ya. Ya cuma tanya rasa yang paling popular apa. Sama mbaknya dikasih tau dan aku ambil itu dengan harga RM 7,90 cukup mahal. Selanjutnya masih muter2 ngikutin maps, dan masih seperti anak hilang. Seperti orang begok, aku malah duduk nggak jelas di depan nu Sentral, melihat lalu lalang dan restoran. Sambil penasaran akhirnya masuk di salah satu restoran thailand dengan harga rata RM 2,90. Karena penasaran, aku masuk ke restoran itu dan memesan, sambil liat kanan kiri makannya pada heboh. Satu orang bisa habis 8 mangkok😱. Mangkoknya emang kecil, tapi kalau aku pribadi pasti ra ngatasi. Jadi aku pesen 4 menu aja.

Dan dari semua menu itu aku suka banget, masih sesuai dengan lidahku. Totalnya  adalah RM 9,20.
Selesai makan, perut kenyang, pikiran tenang. Langsung masuk KL sentral lagi, kali ini tanya bagian informasi untuk hostel tujuan aku menginap. Dan akhirnya, aku bisa keluar dari nu sentral dan melanjutkan perjalanan mencari kitab suci, eh maksud aku mencari hostel😬. Maunya sich ngikutin maps, tapi kok malah bingung ya, akhirnya aku cek lokasi hotel terdekat dan mulai meraba-raba lokasi dari situ dan aku sukses menemukan hostelnya. Asikk kan.
  Sampai hostel, aku langsung mandi dan istirahat sebentar. Masih bingung sich mau ngapain aja malem itu, karena aku tipe lazy traveller jadi kayak lebih suka santai-santai sajalah. Tiba-tiba temenku yang pernah tinggal 13 tahun di malaysia telepon, sambil ngomel- ngomel katanya nggak ngajakin dia kesini. Dan pada akhirnya dia maksa aku buat keluar jalan-jalan. Berhubung masih sore, akhirnya aku mau keluar juga dengan tujuan KLCC. Untuk menuju kesana aku harus balik ke KL sentral naik MRT jurusan KLCC dengan tiket RM 2,40. Ini aku beli di mesin ya, bayarnya pake uang kertas, kembaliannya dapet koin banyak😂.
   Sampai di KLCC yang aku pikirin cuma makanan, namanya orang laper ya. Dan temenku kasih rekomendasi restoran pelita, dia bilang makanan disitu enak. Mau langsung ke tempat makan kok, sku bingung sama arahnya, akhirnya aku cuma jalan dan sampainya di taman KLCC😅. Karena malam minggu cukup banyak orang disana, ambil foto menara kembar. Dan akupun juga sama, mau naik keatas kok eman bayar tiketnya😅. Setelah ambil foto cukup banyak, aku masih kayak orang bingung muter-muter nggak jelas ditaman. Sebenernya aku nyari jalan menuju restoran pelita itu. Berbekal tanya orang dan google maps, aku akhirnya sampai juga di restoran tersebut. Ternyata restoran itu ramai dan emang tempat para turis makan juga.

Ini menu yang aku pesen disana, jadi namanya itu roti canai telur sama ayam tandori kampung, minumnya aku pesan lechy tea. Untuk rasanya, baru datang aku makan enak juga roti ini masih hangat dimakan dengan curry. Ayam tandori rasanya buat aku pribadi biasa aja, bahkan agak aneh😬. Berhubung aku makan agak lelet, roti jadi dingin dan keras dimakan jadi nggak enak dan agak eneg. Untuk makanan ini aku menghabiskan RM 18. Setelah makan aku mau kembali ke taman KLCC, gegara ada temen yang minta namanya ditulis trus difoto disitu. Sebenernya aku pengennya kembali ke KL sentral pake bus go KL, supaya gratisss😆. Bus go KL beroperasi sampek jam 11 malem, jadi aku tergesa-gesa jalan kembali ke taman KLCC. Maunya nyari jalan pintas, ketemunya malah nyasar, nasib jadi orang sok tau, malah lopot smua🤦‍♀️. Akhirnya aku cek maps, kembali kejalur yang benar, tapi apa daya aku nyasar kejauhan jadi kaki ampek berasa banget buat jalan. Hayati lelah bang.
  Setelah selesai fotoin nama temen di menara kembar, aku balik ke tempat perhentian bus go KL.
Udah lihat line nya green, pas udah mepet jam 11 pulak, langsung tanya supir menuju KL sentral nggak. Dia bilang nggak ke KL sentral, ya sudahlaaahhhh aku naik MRT lagi aja. Kembali ke MRT station beli tiket di mesin dengan harga yang lebih mahal daripada berangkat tadi, jadi untuk tiket pulang aku harus bayar RM 4,30. Masih dengan kembalian koinyang banyak itu.
  Sampai di hostel hampir jam 12 malem, dengan keringat dimana- mana karena emang habis nyasar jalannya. Dikamar dormitori yang aku sewa ada 8 bed, dan malam itu cuma terisi 2 bed aja.  Habis mandi, aku melakukan berbagai ritual sebelum tidur dan skalian hitung sisa uang saku hari ini😆🤭.

Dari RM 100 nyisa segitu doang. Kurang paham ya ngirit atau boros, yang pasti menurutku udah paling ngirit😆😬. Dan malem ini lanjut tidur nyenyak, besok lanjut lagi cerita selanjutnya. Selamat malam😉😊

Kamis, 15 November 2018

Jadwal dan biaya penyebrangan padang bay-nusa penida

Dari judulnya meyakinkan banget untuk jadwal dan tarif penyebrangan Padang bay-Nusa penida, padahal jadwalnya benar-benar amburadul😂😂. O iya, untuk menuju Nusa penida juga bisa lewat Sanur ya dengan jadwal lebih fleksibel, namun cuma bisa bawa orang saja, kalau mau nyebrang skalian motornya lewat padang bay dengan kapal ro-ro. Dan yang aku tulis disini, benar-benar berdasarkan pengalaman pribadi.
Untuk jadwal dari Padang bay-Nusa penida disini jadwal benar-benar tidak jelas, tapi orang-orang yang menuju kesana mulai menunggu kapal sekitar pukul 10.00 pagi.
Kenapa jadwal kedatangan kapal ini begitu tidak jelas ?
Jadi begini, sebenarnya kapal dari Nusa penida tidak memiliki dermaga sendiri, jadi mereka menumpang dermaga kapal-kapal dari Lombok. Namanya numpang ya harus ngantri, sehingga untuk sandar mereka harus menunggu dermaga itu sedang tidak dipakai oleh kapal-kapal dari arah lombok atau mereka mendapat antrian yang nggak prioritas. Benar-benar membuat depresi kan?
Berdasarkan pengalamanku pada tanggal 7 november 2018, kapal yang kami naiki bersandar pukul 14.05 wita dan berangkat pukul 15.00 wita. Menurut informasi petugas, pada tanggal 6 november kapal berangkat pukul 14.00. Tuh kan benar-benar nggak jelas. Kita sampai di Nusa penida sekita 16.25 wita.
Untuk jadwal Nusa penida-Padang bay, informasi ini aku ambil di pelabuhan mentigi Nusa penida ya. Jadi untuk hari-hari tertentu mereka memiliki 2x jadwal penyebrangan dalam sehari.
Hari
Senin              07.00
Selasa             07.00           Dan      11.00
Rabu               07.00
Kamis             07.00           Dan      11.00
Jumat              07.00
Sabtu               07.00          Dan       11.00
Minggu           07.00

Sebenarnya untuk jam keberangkatan yang sekali saja, aku agak lupa jadwal nya jam berapa, namun ada baiknya pagi sudah bersiap di pelabuhan Mentigi, atau nyampek mentigi langsung cek jadwal aja yak😁.
Disamping jadwal tersebut masih ada pengumuman lain, isinya kurang lebihnya seperti ini:

Info tambahan, karena ada perbaikan di pelabuhan padang bay, jadwal ferry ro-ro sebagai berikut,
muat jam 08.00 berangkat 8.30 .

Berdasarkan pengalamanku, kita sampai di pelabuhan pukul 08.05, kita sudah memebli tiket. Namun kapal belum mulai memuat penumpang. Berdasarkan informasi petugas kapal akan mulai muat pukul 09.00, dan pada kenyataannya kapal mulai muat penumpang pukul 09.20 .
Cukup lama diatas kapal, namun kapal belum berangkat juga. Bahkan ada informasi karena antrian yang cukup panjang dari kapal-kapal dari pelabuhan Lembar Lombok, kapal dari Nusa penida akan sandar pukul 11.00 malam karena dapat antrian kesepuluh. Langsung kita shock, dan tidak tahu harus bagaimana😅. Kapal berangkat pukul 10.12 dari pelabuhan Mentigi, Nusa penida. Sangat lama kita terombang-ambing dilautan dan kapal akhirnya bersandar pukul 16.40 Wita.

Tarif penyebrangan Padang bay- Nusa penida
Motor  50.000
Dewasa 31.000
Anak-anak 27.500
 Kita berdua bayar Rp 111.000, ternyata balita kita belum harus bayar
Dengan usia 2,5 tahun.

Tarif penyebrangan Nusa penida- Padang bay

Rincian tarif lupa, tapi lebih murah daripada Padang bay-Nusa penida. Cuma pengalaman kita, kita bayar Rp 125.000, jadi lebih mahal karena balita kita harus bayar dari pelabuhan ini. Kalau tanpa bayi, mungkin kita hanya bayar Rp 100.000, berdasarkan orang lain yang bayar segitu.😅

Kamis, 24 Mei 2018

Indahnya TELUK IJO

Berhubung hari ini tiba-tiba semangat 45 buat berbagi cerita, walhasil cek-cek album foto dan nemu lah beberapa foto yang mau aku ceritain. Aku hanyalah wanita biasa, punya hobi traveling, tapi anggaran terlalu mepet, pekerjaan juga tidak slalu fleksibel. Akhirnya hanya perjalanan lokal yang masih mampu terlaksana. Tapi nggak perlu kecil hati bray, Banyuwangi punya segudang tempat-tempat eksotis yang wajib dikunjungi. Dan kali ini, aku mau cerita tentang teluk ijo. Iya, namanya teluk ijo. Kenapa diberi nama teluk ijo ? Yaa, karna pantai yg menjorok kedarat itu namanya teluk, dan warna air lautnya ijo. Makanya di kasih nama teluk ijo.😂😂

Ini adalah koordinat dari teluk ijo, yang sudah sampai pantai ini saya yakin slalu ambil foto disini. Liat saja itu tulisan sampai habis

Ini tempatnya yang indah banget. Benar-benar nggak menyesal sampai sini. Untuk menuju ke teluk hijau, ada 2 akses yang berbeda. Yang pertama lewat jalur laut ya, yaitu kita datang langsung ke pantai rajegwesi, kemudian naik perahu dari sana. Biaya murah kok sekitar 25.000-30.000 perjalanan pulang pergi. Namun kalau ombak lagi nggak bersahabat mereka nggak bakal berani anter kita. Dan harus ambil opsi kedua, yakni naik menuju arah sukomade. Nanti bakal ada tempat parkir motor atau mobil kita dan siap-siap tracking yak. Perjalanannya adem kok, soalnya lewat hutan. Tapi lumayan naik turun gitu. Jadi selamat menikmati perjalanan kesana. Kalau rame-rame bakalan asik, kalau sendiri bakalan serem. Takut diterkam harimau atau babi hutan.🤤🤤. Nggak lah, aman kok. Cuma lebih seru banyak temennya.

Beneran indah pokoknya, nggak bakal menyesal pokoknya. Kalau kalian dari luar Banyuwangi, langsung cari di google maps "teluk hijau". Pasti nyampek kesini, jangan lupa siapin sunglass yak.
Slamat menikmati teluk hijau. Nitip salam buat para penghuni tetap teluk hijau ya. Para monyet🤣🤣, dan jaga barang bawaan. Kadang mereka usil sama barang kita.

Asih ra

Rabu, 28 Februari 2018

Pembuatan paspor baru

Haiii.. udah lama nggak posting disini. Dan kali ini, aku mau berbagi pengalaman dan mungkin juga sedikit tambahan informasi ataupun ilmu ( ciee ilmu ). Dan pastinya sesuai dengan judul diatas, pengalaman bikin paspor baru.
  Sebenarnya cerita ini dimulai gegara penasaran banget sama lokasi syutingnya film three idiot😁😁. Tau kan film dari bolywood ini ? Nah karena film ini, aku jadi kesana kemari mencari alamat, ups maksud aku kesana kemari mencari informasi, mulai dari facebook ampek ke mbah google. Dan akhirnya ketemu juga tempatnya yang pastinya di India.

Dan berikutnya baca-baca pengalaman orang-orang yang berkunjung ke India. Langsung melongo baca pengeluaran mereka saat kesana. Akhirnya bermimpi bisa mengikuti jejak mereka. Berhubung orang mimpi aja kagak bakalan jadi kenyataan, makanya bangun dan action. Dan pertama kalau mau diakui sebagai penduduk dunia, wajib punya paspor. Klo penduduk indonesia mah ktp cukup.😂😂
  Membaca, wajib dan kudu ini ya. Pertama baca pengalaman orang yang bikin paspor, skalian ngintip syarat-syarat bikinnya sambil mikir layak nggak sich jadi warga dunia😆😆. Cukup lama baca-baca akhirnya percaya diri buat datang langsung ke kantor imigrasi, dan bikin paspor sendiri tanpa calo. Nahhh, keren euy. Kebetulan aku yang tinggal diujung timur pulau Jawa udah punya kanim sendiri disini, walaupun judulnya masih ULP ( Unit Layanan Paspor) di Banyuwangi.
  Menurut informasi yang cukup akurat kantor ini buka pukul 07.30 - 16.00 . Mulai jam 06.00 udah berangkat dari rumah dengan pe de tingkat propinsi😅😅. Dan sampai sebelum pukul 7 pagi, dan disana tertera tulisan yang bikin nyesek banget.
Namanya orang lagi semangat 45, dapet tulisan kayak gini masih nggak percaya, masih ngeyel nggak mau putar balik. Jam menunjukkan 07.28 dan masih belum ada orang, beberapa saat kemudian datang satu orang. Akhirnya aku tanya dengan berharap tulisan itu salah. Dan ternyata benar apa adanya😢😢. Kemudian sebelum pulang cuma dapet brosur, buat telepon saja memastikan sudah ada pelayanan atau belum.
   Sembilan hari kemudian, aku telepon ke kantor jember dan tidak pernah di angkat. Untuk info aja
  Hari kesepuluh jam 06.00 udah ngebut ke kantor imigrasi lagi, dan hasilnya tetap nihil 😭😭.
  Tanggal 23 januari 2018 langsung ke kanin kelas ll jember, dengan membawa segala persyaratan yang diperlukan. Dan apa saja persyaratannya ?
 untuk lebih lengkapnya bisa langsung ke jember.imigrasi.go.id . Disini mulai jam 06.00 udah didepan kantor, mana masih sepi pula. Pukul 07.30 gerbang di buka, dan langsung semangat masuk dannn apa yang terjadi sodara? Ditolak karena belum daftar antrian online, dodol banget kan ?
  Hari itu langsung download aplikasinya https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.imigrasi . Aku membuat antrian untuk kamis 1 Februari 2018 pagi. Dapetnya jam 08.00-09.00.
   Pada hari kamis 01 Februari 2018 pukul 06.45 udah nunggu di depan pintu gerbang yang belum terbuka. Jam 07.00 gerbang dibuka dan ternyata pas barengan sama calon jemaah haji, rame banget. Sesaat sebelum pembagian formulir aku udah ngantri dengan membawa berkas berisi :
  • KTP asli dan foto copy
  • KK asli dan foto copy
  • Ijazah terakhir (SMA) asli dan foto copy
   Sama bawa hp untuk bukti antrian online, karena ada barcode, aku pikir bisa langsung di scan kayak mau boarding pas gitu. Dan ternyata antrian online harus dicetak. Langsung lari keluar kantor buat cetak antrian online😣😣. Balik ke kantor, ternyata antrian sudah mengular, sambil dag dig dug takut kelewat dari jadwal dan harus membuat antrian lagi.
   Pukul 08.55 aku dipanggil untuk verifikasi data. Pertama liat ktp, orangnya langsung bingung. Jadi, KTP aku mukanya nggak kelihatan jelas.
Nggak jelas banget kan, petugasnya bertanya kepada atasan dan ternyata bisa di lanjutkan. Sambil tanya-tanya bikin paspor mau kemana, apa kegiatan dirumah? Aku jawab kerja, kemudian diminta surat keterangan kerja. Langsung pucat, masak mau balik ke Banyuwangi. Dan ternyata cukup minta tolong atasan untuk e-mail ke kanim, dan langsung di cetak sama petugasnya. Alhamdulillah.
  Selanjutnya menuju tempat pemotretan, udah kayak artis pokoknya. Dan ternyata tempatnya di bedakan dengan para CJH untung banget, jadi nggak perlu ngantri panjang.
    Pas kedalam tempatnya sepi dan nyaman, hanya ada beberapa orang, jadi nggak ngantri lama langsung kasih berkas. Dan ternyata tertunda lagi karena KTP😭😭. Setelah aku jelaskan kalau petugas yang depan sudah bertanya kepada atasan, aku langsung pindah ketempat pemotretan. Disini masih drama lagi, petugas ngoceh gegara KTP lagi. Dia bilang gimana kalau ada apa-apa diluar negri foto di KTP nggak sama dengan paspor. Aku mah hanya iya-iya saja, sedikit membela diri dan pasrah. Mau gimana lagi coba ? Dulu sudah ngurus KTP baru karena yang ini sudah mau kadaluarsa, berhubung blangko nya dibilang nggak ada. Aku tidak usah urus yang baru katanya, karena e- KTP ini udah berlaku seumur hidup. Nahh lo.
   Sambil tetep ngomel petugasnya memproses smuanya, mulai dari foto sidik jari dll. Setelah selesai nunggu sebentar untuk wawancara. Nahhh ini bagian paling horor waktu buat paspor. Jadi teman-teman yang mau bikin paspor kalau ditanya tujuannya, langsung jawab sebenarnya dengan percaya diri. Sedangkan aku saat itu, karena merasa kerjaan nggak bonafit, gaji juga standarnya Banyuwangi jadi kurang pe de kalau bilang mau liburan ke luar negri. Takutnya mereka nggak percaya, dengan pekerjaan yang kadang dipandang sebelah mata, gaji standar banyuwangi dengan bonus 1/4 dari gaji. Tapiiiii, aku kan wanita hemat yang baik hati, rajin menabung dan tidak sombong (elehhh).
   Kenapa harus jujur, karena ini bakal membuat persyaratan jadi beranak dan bercucu. Bener aja, waktu aku bikin harus nambah dokumen mulai dari surat keterangan kerja yang asli, KK yang ternyata belum di paraf sama bapak😁😁, rekaman e ktp ( kalau nemu foto copy lama yang muka masih jelas pake itu saja aman), terakhir surat jalan dari desa. Whaaatttt ?? 2018 minta surat jalan dari desa, padahal nggak bakal dikasih uang saku juga, kalaupun desa mengetahui rakyatnya mau jalan-jalan. Yang ada malah minta oleh-oleh😅😅( dalam fantasi)
   Kalau adikku bikin paspor, hanya minta tambahan surat keterangan kerja atau penjamin. Maksudnya gini, harus ada yang menjamin bahwa dia bakalan balik lagi ke indonesia dan nggak bakal menjadi imigran gelap. Yang ini, pake surat yang di paraf sama penjamin dan copy paspor penjamin.
   Setelah selesai semua, aku dikasih bukti untuk pembayaran di bank atau kantor pos. Berhubung dibelakang kanim ada kantor pos, aku bayar disana tanpa biaya tambahan sebesar IDR 355.000.mantaappp😎😎
Berdasarkan informasi petugasnya, paspor akan jadi minimal 3 hari kerja setelah dilakukan pembayaran. Kita akan mendapat sms atau kita bisa melakukan sms untuk bertanya status paspor kita sudah jadi atau belum.
  Setelah 8 hari tidak dapat kepastian dari doi,ehhh maksudnya kanim. Aku berinisiatif untuk mengungkapkan terlebih dahulu. Upss🙊🙊, maksudnya aku sms terlebih dahulu. Dan jawabannya adalahh

Horee 👏👏, sudah jadi. Tapi berhubung aku adalah karyawan yang rajin dan tidak sombong, setiap hari bekerja demi nabung dan ngumpulin liburan, 28 hari dari tanggal pembuatan baru bisa ngambil. Dan itupun malam hari, jadi kanim jember ini setiap senin-rabu mereka buka malam hari, untuk melayani pengambilan paspor yang sudah jadi, termasuk kitas juga. Dan jam pelayanan 19.00 - 21.00.
   Jam 18.30 aku sudah didepan gerbang, menunggu sebuah kepastian( hadehhh). Masih banyak petugas yang belum pulang, tapi akhirnya satu persatu pulang. Dan tepat pukul 19.00, ada mobil dateng. Aku ikut masuk dan bertanya sama bapak gitu, apakah pelayanan sudah dibuka. Sambil liat mobil itu, bapaknya bilang sudah. Yess
Kemudian, petugasnya yang ternyata seorang cewek cantik, kluar sambil bertanya tujuan saya kemudian meminta bukti pengambilan paspor. Setelah menunggu sekitar 7 menit, paspor dan berkas aku sudah dimeja. Petugas menanyakan dokumen tambahan, aku kasihkan smua, kamudian tanda tangan sana sini dan di paspor juga. Terakhir disuruh cek data-data di paspor, ternyata sudah betul smuaa..
Yeee.. aku sudah diakui sebagai warga dunia.😉😉

Maapkan, karena postingan kali ini. Banyak terdapat kesalahan penulisan, penggunaan bahasa yang acak adul, dan banyak kekurangan. Lama tidak pernah nge blog, tapi intinya aku hanya ingin membagikan pengalaman 😉
Dan semoga berguna buat yang membutuhkan.😊

Kamis, 02 April 2015

sistem pengendalian manajemen perusahaan jasa dan multinasional

ini ni tugas yang pernah aku bikin dan cukup bikin pusiingg...
 SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN
PERUSAHAAN JASA DAN MULTINASIONAL

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan ke khadhirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul PERUSAHAAN JASA DAN MULTINASIONAL”.
Makalah ini disusun untuk memenuhi syarat dalam menyelesaikan mata kuliah Sistempengendalianmanajemen di Fakultas Ekonomi Akutansi Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi. Kami menyadari bahwa motivasi dan dorongan semangat serta kerjasama dari semua pihaklah yang menjadi kunci dari kesuksesan bagi kami dalam menyelesaikan makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua
                                                                                          Banyuwangi, 19Juni 2014

Penulis

PERUSAHAAN JASA &MULTINASIONAL
A.         PERUSAHAAN JASA
1.             Pengertian Perusahaan Jasa
Perusahaan Jasamerupakan suatu lembaga atau perkumpulan dari beberapa orang (selaku pendiri) yang melakukan kegiatan bersifat ekonomi dan sosial pada suatu masyarakat dengan tujuan memperoleh laba. Jadi, perusahaan jasa adalah suatu usaha atau lembaga yang kegiatannya dibidang jasa.
2.             Ciri-ciri perusahaan jasa, yaitu:
a.             Usahanya terus menerus
b.             Secara terang-terangan (mempunyai ijin usaha) dan
c.             Yang dihasilkan berupa jasa.
Perusahaan jasa, contohnya: akuntansi publik, servis atau reparasi sepeda motor, salon kecantikan, dan sebagainya.
3.             Transaksi keuangan perusahaan jasa, meliputi:
a.             Investasi pemilik berupa setoran uang maupun barang habis pakai atau aktiva lainnya;
b.             Membeli aktiva tetap;
c.             Menerima pinjaman dan membayar utang;
d.            Menerima pelunasan piutang;
e.             Menggunakan aktiva yang ada; dan
f.              Membuat laporan pertanggungjawaban.
Serangkaian kegiatan tersebut dilakukan secara terus menerus demi kelangsungan usaha dengan tujuan mencari laba. Proses akuntansi berperan pada kegiatan ini, mulai terjadinya transaksi, mencatatnya, melaporkan, menganalisa sampai dengan meramalkan kegiatan mendatang.

4.             Tahap-Tahap Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa
a.             Tahap Pencatatan
Siklus akuntansi dimulai dengan adanya suatu transaksi / kejadian yang harus dicatat. Tahap pencatatan meliputi pencatatan-pencatatan dalam bukti transaksi / bukti pembukuan, jurnal, dan buku besar.
Ø  Transaksi, yaitu tindakan yang mengakibatkan perubahan aktiva / kewajiban dan ekuitas /modal yang berhubungan dengan pihak luar.
Contoh : - Pembelian barang, perlengkapan, dan peralatanPenjualan barang atau jasa
Ø  Pembayaran utang usaha
Ø  Pembayaran beban sewa, gaji
Ø  Penerimaan pendapatan, piutang usaha
b.             Kejadian, yaitu tindakan yang terjadi di dalam perusahaan (transaksiintern).
Contoh : Penyusutan aktiva tetap, Pemakaian perlengkapan dan Pembentukan cadangan piutang tak tertagih
c.             Tahap Pengikhtisaran
Ø  Memproses hasil pencatatan selama periode akuntansi dan menyesuaikannya dengan keadaan yang sebenarnya pada akhir periode akuntansi.
Ø  Tahap ini meliputi penyusunan neraca saldo, jurnal penyesuaian, penutupan buku besar, dan neraca sisa setelah penutupan.
d.            Tahap Pelaporan
Ø  Penyusunan laporan keuangan yang bersumber dari hasil pengikhtisaran.
Ø  Pembuatan laporan keuangan berdasarkan akun–akun buku besar.
Ø  Laporan keuangan dapat disusun setelah membuat penyesuaian dan
memasukkannya ke dalam akun buku besar atau setelah menyusun
kertas kerja.
5.      Tujuan dan Fungsi Akuntansi
Secara umum manfaat atau fungsi dari Akuntansi adalah :
a.       Menyajikan informasi ekonomi dari suatu kesatuan ekonomi kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
b.      Untuk mendapatkan informasi ekonomi (informasi keuangan perusahaan) yang akurat sehingga pemakai dapat mengambil keputusan yang tepat.
c.       Untuk memberikan pertanggung jawaban manajemen kepada para pemilik perusahaan.
d.      Untuk mengetahui perkembangan perusahaan dari tahun ke tahun secara spesifik (maju mundur perkembangan perusahaan)
Sesangkan secara khusus, manfaat dari Akuntansi adalah:
a.       Memberikan informasi keuangan yang dapat dipercaya mengenai aktiva, kewajiban, dan modal dari suatu perusahaan.
b.      Memberikan informasi yang dapat dipercaya mengenai perubahan dalam aktiva neto (aktiva dikurangi kewajiban) suatu perusahaan yang timbul dari kegiatan usaha dalam rangka memperoleh laba.
c.       Memberikan informasi keuangan yang membantu para pemakai laporan untuk menaksir potensi perusahaan dalam menghasilakan laba.
d.      Memberikan informasi penting mengenai perubahan dalam aktiva dan kewajiban perusahaan, seperti informasi mengenai aktifitas pembiayaan dan investasi.
e.       Mengungkapkan sejauh mungkin informasi lain berkenaan dengan laporan keuangan dan relevan untuk kebutuhan pemakai laporan, seperti informasi mengenai kebijakan akuntansi yang dianut perusahaan.

6.      Pemakai Informasi Akuntansi
h.      Federasi Buruh

B.            PERUSAHAAN MULTINASIONAL
1.        Pengertian Perusahaan Multinasional

Perusahaan Multinasional adalahperusahaan yang memilikibeberapapabrik yang berdiri di negara yang berbeda-beda. Penyesuaiandenganbudaya di tiapnegara yang dimasukiadalahsuatukeharusanuntukdapatbertahandansukses.Denganmendirikanbanyak unit produksi dinegaralaindiharapkandapatmenghematbiayaongkosproduksidandistribusiprodukhinggasampaiketanganKonsumenakhir.

Perusahaan multinasionalatau PMN adalahperusahaan yang berusaha di banyaknegara, perusahaaninibiasanyasangatbesar. Perusahaan sepertiinimemilikikantor-kantor,pabrikataukantorcabang di banyaknegara. Merekabiasanyamemilikisebuahkantorpusat di manamerekamengkoordinasimanajemen global.

Perusahaan multinasional yang sangatbesarmemilikidana yang melewatidanabanyaknegara. Merekadapatmemilikipengaruhkuatdalampolitik global, karenapengaruhekonomimereka yang sangatbesarbagaiparapolitisi, danjugasumberfinansial yang sangatberkecukupanuntukrelasimasyarakatdanmelobipolitik.

Karenajangkauaninternasionaldanmobilitas PMN, wilayahdalamnegara, dannegarasendiri, harusberkompetisi agar perusahaaninidapatmenempatkanfasilitasmereka (denganbegitujugapajakpendapatan, lapangankerja, danaktivitaseknomilainnya) di wilayahtersebut.Untukdapatberkompetisi, negara-negaradandistrikpolitik regional seringkalimenawarkaninsentifkepada PMN, sepertipotonganpajak, bantuanpemerintahatauinfrastruktur yang lebihbaikataustandarpekerjadanlingkungan yang memadai.

Perusahaan Multinasionalseringkalimemanfaatkansubkontraktoruntukmemproduksibarangtertentu yang merekabutuhkan.Perusahaanmultinasionalpertamamunculpada1602yaituPerusahaan HindiaTimurBelanda yang merupakansainganberatdariPerusahaan HindiaTimurBritania.

2.        Ciri-ciriperusahaanmultinasional
a.         Lingkup kegiatan income generating (perolehan pendapatan) perusahaan multinasional melampau batas- batas Negara.
b.         Perdagangan dalam perusahaan multinasional kebanyakan terjadi di dalam lingkup perusahaan itu sendiri, walaupun antarnegara.
c.         Control terhadap pemakaian teknologi dan modal sangat diutamakan mengingat kedua factor tersebut merupakan keuntungan kompetitif perusahaan multinasional.
d.        Pengembangan system managemen dan distribusi yang melintasi batas-batas Negara, terutamasystem modal ventura, lisensi dan franchise.

3.        Karakter Perusahaan Multinasional
a.         Membentuk cabang – cabang di luar negeri
b.         Visi dan strategi yang digunakan untuk memproduksi suatu barang bersifat global (mendunia), jadi perusaan tersebut membuat atau menghasilkan barang yang dapat digunakan di semua negara.
c.         Lebih cenderung memilih kegiatan bisnis tertentu, umumnya manufaktur.
d.        Menempatkan cabang pada negara – negara maju.
e.         Kehadiran anak perusahaan bagi negara cabang banyak memberikan keuntungan untuk negara tersebut diantaranya pemberian pajak untuk perusahaan tersebut yang cukup besar. Tidak hanya itu, dengan adanya suatu anak perusahaan dinegara lain, berarti sedikit membantu membuka peluang kerja bagi penduduk yang belum kerja dinegara tersebut.

4.        Fungsidantujuanmanajemenkeuangandalamperusahaanmultinasional
Untuk menyediakan bagi para manajer keuangan sekarang dengan pengetahuan atas konsep & alat fundamental menjadi para manajer global yang efektif.
Manajemen keuangan Perusahaan Multinasional meliputi aktivitas:
a.         Aliran financial, yaitu arus masuk modal dan pinjaman,
b.         Aliran riil, yaitu arus masuk barang dagangan barang (bahan baku, barang setengah jadi, dan barang jadi,
c.         Aliran budaya, yaitu arus masuk ilmu pengetahuan, teknologi, dan pola pikir dan perilaku.Hakikatnya manajemen keuangan internasional adalah eksport capital, budaya, dan barang dagangan dari negara-negara kapitalis maju ke negara-negara sedang berkembang.
Keuangan Perusahaan Multinasional penting bagi:
a.       Ekspansi perusahaan multinasional (MultiNational Corporation atau MNC) ke Negara-negara sedang berkembang (NSB),
b.      Ekspansi ideology globalisasi, dan
c.       Perdagangan internasiolan (Ekspor-impor).Para pemikir ekonomi liberal menyatakan bahwa ekspansi MNC ke negara-negara sedang berkembang merupakan lokomotif pembangunan di NSB, oleh sebab itu kehadirannya sangat diharapkan.
Memasuki era globalisasi yang ditandai dengan semakin terintegrasinya perekonomian dunia, posisi dan peran manajemen keuangan internasional menjadi semakin menonjol. Perkembangan bisnis global tidak dapat dipisahkan dari keberadaan Perusahaan Multinasional.
Perkembangan Perusahaan Multinasional antara lain didorong oleh keinginan untuk memperluas pasar produk dan untuk mendapatkan kinerja perusahaan yang lebih efisien.
Pengetahuan manajemen keuangan internasional membantu dalam dua hal penting, yaitu:
a.       Manajemen keuangan internasional membantu manajer keuangan memutuskan bagaimana pengaruh berbagai kejadian-kejadian internasional terhadap perusahaan dan langkah-langkah apa yang dapat diambil untuk memanfaatkan perkembangan positif dan menghindarkan perusahaan dari dampak negatif.
b.      Manajemen keuangan internasional membantu manajer mengantisipasi kejadian dan membuatnya mampu mengambil keputusan yang menguntungkan, sebelum kejadian-kejadian tersebut terjadi.
(Brigita Lahutung, 07301541, Manajemen Keuangan).

5.      Kelebihandankekuranganperusahaanmultinasional
·         Kelebihan        :
a.    Menambahkandevisanegaramelaluipenanaman di bidangekpor,
b.    Mengurangikebutuhandevisauntukimpordisektorindustri,
c.    Memodernisirindustri
d.   Ikutmendukungpembangunannasional
e.    Menambahkesempatankerjadenganmembukalapangankerjabaru
·         Kekurangan
a.    Makin banyaknya Perusahaan Multinasional yang didirikandapatmempengaruhikekusaanekonominegara.Tetapi, jikajumlahnyasedikit, makaartikuantitatifnyatidakbanyak.

6.      Perusahaan Multinasionaltersebutmemperolehhasilberupa :

·         Keuntungan yang akandialihkankeluarnegerikepadapemegangsahamnya.
·         Penyusutan/depresiasi,dalampraktekseringdigunakanuntukmenyembunyikankeuntungan-keuntungan agar tidakterkenapajak. Dapatmerusakkehidupanpolitikdanekonominegara.

7.      Jenis-jenisstrujturorganisasiperusahaanmultinasional

·         Setiapstrukturmembutuhkanpemrosesaninformasimasing-masing
·         DevisiFungsionalSedunia
·         Diorganisasibedasarkanfungsi
·         Bidangfungsionalanakperusahaanmelaporkanlangsungkepasanganfungsionalmerekadiperusahaaninduk.
·         Perencanaanstrategisdilakukaneksklusifpuncak dimanaperusahaanindukkarena data yang mengintregasikanseluruhoperasitidakdapatpada level rendah.
·         Divisiinternasional
·         Semuaanakperusahaanmelaporpadadivisiinternasional MNC yang dipisahdaridivisiDomestik.
·         Wilayah Geografis
·         Tiapwilayahbertanggungjawabatasanakperusahaan yang berlokasidalambatasnya.